SKL UN SMA, SMK, SMP tahun 2010!!

klik ajaa..

SKL Ujian Nasional SMP-SMA-SMK 2010 Permen 75 Tahun 2009

atauu.. ( mohon maaf yang sebesar-besarnya untuk SKL UN Matematika SMP 2010 karena ada kesalahan fatal yg saya dan guru saya buat.. post ini, sudah saya perbaiki )

untuk yg males download,
UNTUK SMP SAJA:

I. BAHASA INDONESIA:

A. Membaca:
a. menentukan isi dan bagian suatu paragraf
b. menentukan kritik terhadap isi bacaan
c. menentukan isi penyajian teks berita, opini, tajuk
d. menentukan kalimat fakta dan pendapat
e. menyimpulkan isi paragraf
f. menentukan isi tajuk
g. menyimpulkan isi grafik, peta, denah, dan bagan
h. menentukan unsur intrinsik puisi
i. menentukan unsur intrinsil prosa (cerpen)
j. menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
k. menentukan unsur intrinsik drama

II. Menulis:
a. menulis catatan pengalaman pd buku harian
b. menentukan isi pesan singkat (memo) sesuai konteks
c. menulis/menentukan paragraf laporan
d. menulis/melengkapi surat pribadi
e. menulis/melengkapi surat resmi
f. menulis/melengkapi/menentukan rangkuman
g. menulis/menentukan slogan
h. menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
i. menulis/melengkapi kutipan pidato
j. menentukan unsur karya ilmiah
k. menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
l. menulis/melengkapi pantun
m. menulis/melengkapi puisi
n. menulis/melengkapi drama

II. MATEMATIKA:

1. operasi hitung dan sifat” bilangan: (tambah, kurang, kali, bagi)

2. operasi bilangan pada pecahan

3. perbandingan setara (senilai) dan berbalik nilai

4. aritmatika soal ( jual-beli )

5. aritmatika soal yg berhubungan dg perbankan dan koperasi

6. pola bilangan ( barisan dan deret bilangan )

7. perkalian bentuk aljabar

8. menghitung hasil (tambah, kurang, kali, bagi) kuadrat aljabar

9. menyederhanakan bentuk aljabar

10. persamaan linear satu variabel dan pertidaksamaan linear satu variabel

11. himpunan ( irisan atau gabungan 2 himpunan )

12. fungsi dan relasi

13. phytagoras

14. luas bangun datar

15. sudut ( bidang datar dan garis ) juga sudut pusat dan sudut keliling lingkaran

16. kesebangunan dan kongruen

17. bangun ruang sisi datar ( unsur, luas permukaan dan volume )

18. bangun ruang sisi lengkung ( jaring-jaring, volume dan luas permukaan )

19. ukuran pemusatan data

20. penyajian data

21. menentukan gradien, persamaan garis, dan grafiknya

22. menentukan penyelesaian sistem Persamaan Linear Dua Variabel

23. keliling bangun datar dan konsepnya

III. BAHASA INGGRIS:

A. Reading:
a. menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat dan tersirat, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “caution”
b. menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat dan tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk kartu ucapan (“greeting card”)
c. menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat dan tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk pesan singkat (“short message”)
d. menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat dan tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk undangan (“invitation”)
e. menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat dan tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk pengumuman (“announcement”)
f. menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat dan tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dari teks deskripsi (“descriptive”)
g. menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat dan tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “recount”
h. menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat dan tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “procedure”
i. menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat dan tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “narrative”
j. menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat dan tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk label
k. menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat dan tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk laporan (“report”)
l. menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat dan tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks iklan (“advertisement”)
m. menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat dan tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk surat (“letter”)

B. Writing:
a. menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks laporan (report) yang pendek
b. menentukan susunan kata yg tepat untuk membuat kalimat
c. menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf

IV. ILMU PENGETAHUAN ALAM:

a. menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai
b. membaca alat ukur
c. menentukan salah satu variabel dari rumus ρ= m/v
d. menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
e. menentukan salah satu variabel dari rumus kalor
f. membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari
g. menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat
h. menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari
i. menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
j. mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
k. menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang
l. menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya
m. menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin
n. menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
o. menjelaskan terjadinya gejala listrik statis serta menentukan jenis muatan
p. menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik
q. menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
r. menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub-kutub yg dihasilkan
s. menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya
t. menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dg posisi bulan
u. mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
v. mengidentifikasikan ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup
w. menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
x. menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
y. mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup
z. memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dg lingkungan
aa. menentukan jenis tulang/sendi/otot pd alat gerak manusia beserta fungsinya
ab. menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yg berperan pd proses pencernaan
ac. menjelaskan sistem peredaran darah pd manusia dan penyakit yg berhubungan dengannya
ad. menjelaskan proses pd sistem ekskresi (ginjal)
ae. menjelaskan sistem saraf pd manusia
af. menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pd tumbuhan
ag. menjelaskan respon tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
ah. menjelaskan proses fotosintesis dan percobaan-percobaan tentang proses tersebut
ai. menjelaskan konsep dan perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya
aj. menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum mendel
ak. menjelaskan teknologi reproduksi yg tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai contohnya
al. menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia
am. menentukan bahan kimia pada makanan yg ditambahkan pd makanan
an. mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pd tubuh kita

4 thoughts on “SKL UN SMA, SMK, SMP tahun 2010!!

    • wahh, Alhamdulillah dapat mmbantu..
      iyya, itu untk yg SMP.. saya cma tlis yg untk smp soalny mmang lagi SMP klas 3 jugaa,

      semangat yaa buat UN dan ujian lainnya..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s