Fasilitas Internet

I.
Ada beberapa macam fasilitas internet, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. WWW (World Wide Web)

: WWW adalah fasilitas web yanh berisi database yang terdistribusi. Demgan WWW ini, kita semua dapat mengakses berbagai informasi melalui web yang berupa gambar, suara, teks, video, maupun animasi.

Contohnya -> Kita semua dapat melihat berita terbaru (ter-update) melalui web dengan membuka web http://www.detik.com, dsb.

2. Blog

: Blog adalah situs web yang dikelola secara perseorangan baik secara formal maupun tidak formal. Sebuah blog biasanya berisi dengan catatan pribadi, pengalaman, materi dan sebagainya. Di blog juga bisa membagi video, gambar, teks, dsb.

Selain itu, blog juga bisa dijadikan web untuk sharing tentang bakat kita. Contohnya apabila seseorang pandai menulis dan tulisan tersebut dianggap menarik, maka bisa dijadikan sebuah buku seperti blog milih Raditya Dika.

Sebuah blog bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi wordpress, blogger, tumblr, multiply, dan lain sebagainya.

3. Toko Online

: Selain fasilitas-fasilitas di atas, sebuah web juga bisa digunakan sebagai Toko Online yang merupakan situs jual-beli barang secara online. Dengan fasilitas ini, seseorang tidak perlu membuang waktunya dalam perjalanan mencari barang dan menjual barang apapun.

Sedangkan masalah pembayaran barang, bisa dilakukan melalui rekening dan juga kartu kredit. Setelah barang di bayar dan dipesan, barang tersebut akan diantarkan melalui jasa kantor pos ataupun titipan kilat.

Contoh Toko Online adalah -> www.tokoonline.net , www.indowebster.com

ii.

Selain fasilitas yang sudah disebutkan, ada juga e-mail atau Elektronic Mail yang digunakan untuk berkomunikasi ataupun berhubungan langsung dengan orang lain melalui surat elektronik.

Jadi, jika ingin mengirim surat dengan mudah, gratis dan cepat bisa dilakukan lewat e-mail yang berbasis Yahoo!Mail, Gmail, Live, dsb.

III.

Ada juga Mailing List dan Forum Diskusi yang sama-sama digunakan untuk berdiskusi. Namun, saya akan menjelaskan tentang perbedaan kedua fasilitas internet tersebut.

Mailing List: Mailing List adalah sarana untuk berdiskusi melalui email yang bisa digunakan dengan email berbasis Yahoo!Groups.

Forum Diskusi: Seiring dengan berkembangnya teknologi, untuk berdiskusi lewat internet pun juga berkembang. Sarana yang digunakan untuk Forum Diskusi adalah web, jadi bukan hanya orang tertentu saja yang dapat ikut bergabung dalam diskusi.

Jadi, intinya adalah Mailing List menggunakan sarana email dan Forum Diskusi menggunakan sarana web.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s