Laporan Penelitian Sosial — Sosiologi XII SMA (IPS)

Sebelum menulis dan menyusun laporan, tentunya kita harus melewati langkah–langkah berikut ini:

1. Menentukan Topik Penelitian

Untuk tingkat SMA tepatnya untuk mengerjakan tugas dari guru, kita tidak punya waktu yang cukup lama untuk meneiliti suatu penelitian. Maka dari itu, kita harus memilih topik yang lebih ringkas dan lebih mudah untuk diteliti nantinya. Lebih baik lagi adalah hal yang sederhana dan permasalahannya ada di sekitar kalian.

Ketika mengerjakan tugas penelitian sosial ini, saya dan teman-teman memilih topik yang berhubungan dengan “Ekstrakurikuler“, karena di sekolah kami siswa-siswi sangat senang mengikuti kegiatan non-akademik disamping kegiatan-kegiatan akademik yang mereka lakukan setiap hari. Hingga pada akhirnya, kami memilih masalah penelitian sosial kami dengan judul “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Kegiatan Akademik di SMA Negeri 1 Depok“.

Image

2. Studi Pendahuluan

Jangan lupa, saat menentukan topik penelitian sosial ini, harus menentukan siapa saja variabel yang nantinya akan diteliti, bagaimana cara meneliti, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan perencanaan penelitian.

Untuk lebih jelasnya, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Jangan mengulangi atau menggunakan hasil penelitian orang lain. Penelitian orang lain hanya boleh digunakan sebagai referensi.
  • Mengetahui dengan pasti apa yang akan diteliti.
  • Mengetahui di mana, bagaimana, dan dari siapa informasi dapat diperoleh.
  • Memahami bagaimana cara/teknik memperoleh data.
  • Menentukan metode penelitian yang tepat.
  • Memahami bagaimana cara menarik kesimpulan dan cara memanfaatkan hasil penelitian.

Karena penelitian kami berhubungan dengan Ekstrakurikuler dan Akademik di SMA Negeri 1 Depok, maka variabel kami tentu siswa-siswi SMA Negeri 1 Depok kelas 10 dan 11. Kami hanya memilih 20 anak dari tiap kelas karena kami anggap sudah mewakilkan seluruh siswa-siswi.

Dengan variabel yang cukup banyak, kami menggunakan metode angket atau kuisioner yang kami persiapkan terlebih dahulu pertanyaan yang mengacu pada topik penelitian kami. Penggunaan metode angket atau kuisioner dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan.

3. Perumusan Latar Belakang dan Rumusan Masalah

Untuk merumuskan latar belakang, yang harus dilakukan adalah apa alasan kami melakukan penelitian sosial ini. (contoh dapat dilihat di file yang dapat diunduh di bawah posting ini).

Image

Rumusan masalah adalah pertanyaan-pertanyaan apa saja yang akan dibahas dan diteliti agar penelitian sosial lebih terarah.

Image

4. Merumuskan Asumsi dan Hipotesis

Hipotesis adalah dugaan awal sebelum melakukan penelitian sosial. Dalam penelitian sosial ini, menurut pendapat kami, Ekstrakurikuler dapat mempengaruhi Prestasi Akademik di sekolah tentunya dalam konotasi negatif apabila siswa-siswi tidak dapat mengatur waktunya dengan baik.

Image

5. Mengumpulkan Data

6. Analisis

Karena kami menggunakan kuisioner, dalam menganalisis data, kami menggunakan tally dan melihat frekuensi jawaban variabel. (hasil dapat dilihat di bab III pada file yang dapat diunduh di akhir post ini).

7. Penyusunan Laporan

Dalam penyusunan laporan diperlukan ketelitian dan ketepatan dalam menyusun laporan. Minta bantuan gurumu untuk memeriksa sejauh mana hasil laporan kalian, apakah sudah memenuhi persyaratan yang diberikan atau belum.

Berikut ini adalah file hasil penelitian sosial kami mengenai Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Kegiatan Akademik di SMA Negeri 1 Depok”Untuk mengunduh, klik judul file.

Setelah melakukan penelitian sosial, di akhir laporan beri kesimpulan. Kesimpulan adalah hasil dari penelitian sosial. Sesuai dengan dugaan awal (Hipotesa) atau tidak. Untuk penelitian kami, dugaan awal kami tidak sesuai dengan hasil penelitian yang kami peroleh.

Bila ada pertanyaan bisa memberi komentar:)

3 thoughts on “Laporan Penelitian Sosial — Sosiologi XII SMA (IPS)

  1. Pingback: laporan penelitian ilmiah sosiologi

  2. Pingback: laporan penelitian sosiologi pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s